DISKOP Mimika

Pelatihan Kewirausahaan Dongkrak Mindset Generasi Muda

Trainer dari Lembaga Survei dan pengembangan SDM Kawasan Timur PT Tera Indo Pratama, Dr Drs Doddy Siwabessy, MSi, MA mengatakan, dalam pelatihan tingkat dasar, yang harus diberikan adalah motivasi.

“Para peserta ini baru akan memasuki dunia usaha. Sehingga harus dibekali dengan dasar motivasi, agar pada saat mulai usaha dan teryata gagal, tidak akan patah semangat. Tapi akan bangkit dan berusaha lagi, karena kegagalan kesuksesan yang tertunda,” kata Doddy di Hotel Horison Ultima Timika, Rabu (6/9/17).

Berbicara motivasi, maka kata dia, harus menanamkan atau memberikan pemahaman bagaimana langkah untuk memulai usaha. Dimana motivasi ini bisa berasal dari dalam maupun luar pelaku usaha tersebut.

Ia menjelaskan, motivasi dari luar harus menganut konsep amati, tiru, dan modifikasi (ATM). Dimana diawali dengan mengamati sebuah usaha yang sukses, misalnya pedagang ataupun peternak. Dengan mengamati, maka akan muncul pemikiran kenapa dia bisa tetapi dirinya tidak. Kalau sudah memiliki pemikiran tersebut, maka sebisa mungkin untuk dimodifikasi agar karya pelaku usaha tersebut muncul. Contohnya, peternak ayam, maka pelaku harus mengkreasikan usahanya agar tidak sama dan menjadi daya tarik pembeli.

“Disini, saya lebih menekankan studi tiru bukan studi banding. Karena dengan meniru dan memodifikasi, maka usaha tersebut akan cepat terbentuk. Daripada membanding-bandingkan, tapi tidak ada yang dikerjakan,” kata Doddy.

Sementara untuk motivasi dari dalam diri sendiri atau kemauan. Ini merupakan modal penting dalam memulai suatu usaha. Karenanya, untuk dari dalam diri sendiri yang perlu dirubah adalah mindset dan memiliki kemauan serta konsep.

“Konsep ini penting, karena kemampuan tanpa kemaun tidak akan jalan. Begitu juga dengan kemauan tanpa kemampuan tidak bisa jalan. Olehnya itu, perlu menggandeng beberapa pihak, misalnya perbankan untuk modal, atau pihak lain,” jelasnya.

“Dengan memberikan konsep motivasi tersebut, saya yakin dari 100 peserta ini pasti ada yang berhasil. Minimal dengan pelatihan ini mindset mereka sudah berubah, bahwa harus ada perubahan hidup yang lebih baik. Dan salah satu jalannya adalah kewirausahaan,”tambahnya.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *